Power Supply

 CATU DAYA (POWER SUPPLY)

Pencatu daya tak distabilkan merupakan jenis pencatu daya yang paling sederhana. Pada pencatu daya jenis ini, tegangan maaupun arus keluaran dari pencatu daya tidak distabilkan, sehingga berubah-ubah sesuai keadaan tegangan masukan dan beban pada keluaran. Pencatu daya jenis ini biasanya digunakan pada peranti elektronika sederhana yang tidak sensitif akan perubahan tegangan. Pencatu jenis ini juga banyak digunakan pada penguat daya tinggi untuk mengkompensasi lonjakan tegangan keluaran pada penguat.

Pencatu daya distabilkan pencatu jenis ini menggunakan suatu mekanisme loloh balik untuk menstabilkan tegangan keluarannya, bebas dari variasi tegangan masukan, beban keluaran, maupun dengung. Ada dua jenis kalang yang digunakan untuk menstabilkan tegangan keluaran, antara lain:

Pencatu daya linier, merupakan jenis pencatu daya yang umum digunakan. Cara kerja dari pencatu daya ini adalah mengubah tegangan AC menjadi tegangan AC lain yang lebih kecil dengan bantuan Transformator. Tegangan ini kemudian disearahkan dengan menggunakan rangkaian penyearah tegangan, dan di bagian akhir ditambahkan kondensator sebagai penghalus tegangan sehingga tegangan DC yang dihasilkan oleh pencatu daya jenis ini tidak terlalu bergelombang. Selain menggunakan diode sebagai penyearah, rangkaian lain dari jenis ini dapat menggunakan regulator tegangan linier sehingga tegangan yang dihasilkan lebih baik daripada rangkaian yang menggunakan diode. Pencatu daya jenis ini biasanya dapat menghasilkan tegangan DC yang bervariasi antara 0 – 60 Volt dengan arus antara 0 – 10 Ampere.

Pencatu daya Sakelar, pencatu daya jenis ini menggunakan metode yang berbeda dengan pencatu daya linier. Pada jenis ini, tegangan AC yang masuk ke dalam rangkaian langsung disearahkan oleh rangkaian penyearah tanpa menggunakan bantuan transformer. Cara menyearahkan tegangan tersebut adalah dengan menggunakan frekuensi tinggi antara 10KHz hingga 1MHz, dimana frekuensi ini jauh lebih tinggi daripada frekuensi AC yang sekitar 50Hz.

 

fs
Skema Rangkaian Power Supply 0 Volt sampai dengan 15 Volt | Rangkaian catu daya (Power Supply) ini bisa kita atur tengangan-nya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan peralatan yang akan kita terapkan.

Bahan-bahan komponen yang dibutuhkan, sangat mudah dan tersedia dipasaran biayanya-pun tidak terlalu mahal. Power Supply ini sederhana, tetapi sangat efektif karena tegangan keluaran / output nya sudah stabil (teregulasi).

Tegangan keluaran dapat kita atur melalui sebuah potensio meter (VR/R2) antara 0V sampai dengan + 15 Vdc, sedangkan arusnya sebesar 1 A. Q1 adalah transistor 2N3055 pada transistor ini gunakan pendingin / heatsink, untuk mengurangi / mengalirkan panas yang terus menerus ketika bekerja. Untuk travo anda bisa menggunakan travo standart 2A yang banyak dijual dipasaran dengan output 18 VAC.
Skema Rangkaian Power Supply 0 – 15 Volt
Power Supply 0 – 15 Volt
Daftar Komponen :

R1 = 56ohm 2W
Q1 = 2N3055
R2 = 330ohm pot.
T1 =220V@18V 1.5A
C1 = 2200uF 35V
C2 = 100uF 35V
C3 = 10uF 25V
C4 = 220uF 25V
C5 = 100nF 100V
D1 (Zener Dioda) = 18V 1.5W
GR1 (dioda) = 4 X 1N4007

s
Rangkaian Power Supply Sederhana Rangkaian power supply dapat dibuat dengan cukup sederhana seperti pada gambar rangkaian dibawah. Rangkiaan power supply ini dibuat hanya dengan 3 buah komponen utama yaitu transformer penurun tegangan (step-down), dioda bridge dan kapasitor elektrolit. Gambar skema dan daftara komponen untuk membuat rangkaian power supply sederhana ini dapat dilihat pada gambar berikut. Rangkaian Power Supply Sederhana Rangkaian Power Supply Sederhana,power supply murah,harga power supply,jual power supply,adaptor,adaptor variabel,adaptor murah,harga adaptor,jual adaptor,skema power supply sederhana,skema adaptor,rangkaian adaptor,pcb adaptor Rangkaian power supply pada gambar diatas merupaka salah satu contoh power supply tegangan tetap dengan rangkaian yang sangat sederhana. Tegangan output rangkaian power supply ini akan mengikuti besarnya tegangan output terminal travo tanpa CT yang digunakan. Apabila yang digunakan adalah terminal 12 volt maka output rangkaian power supply ini akan berkisar pada 12 volt juga. Rangkaian power supply seperti pada gambar diatas merupakan rangkaian power supply yang sering dijual dipasaran untuk keperluan low-end. Pada power supply dengan rangkaian seperti pada gambar diatas, power supply tersebut dibuat variabel. Pada umumnya tegangan output power supply variabel tersebut dapat diubah menjadi 3V, 4,5V, 7,5V, 9V dan 12V sesuai dengan kebutuhan nilai tegangan output yang sering digunakan di masyarakat. Rangkaian power supply tersebut menjadi variabel karena nilai2 tegangan output tersebut diperoleh dari pemilihan terminal output transformer step-down yang diatur menggunakan saklar selektor. Rangkaian power supply pada gambar diatas dapat digunakan untuk mengoperasikan radio portable , tape, amplifier dan lain sebagainya.

Read more at: http://skemarangkaianpcb.com/rangkaian-power-supply-sederhana/
Copyright © Skema Rangkaian PCB

Contoh rangkaiajn power supply sederhana

ht

Ket Gambar:

- Input berasal dari tegangan jala- jala listrik PLN

- S1 = sakalr on – off untuk menyalakan dan mematikan adaptor

- S2 = Saklar pemindah Voltage/tegangan antar 110V dan 220V

- T1 = Trafo 1 A 0-12v tanpa ct (-ct)

- S3 = Saklar pemilih tegangan antara 3v/4.5v/6v/7.7v/9v/12v sesuai dengan kebutuhan

- D1-D4 = dioda penyearah 1n4002

- C1 = Kondensator elektrolit 2200/16v

- R1 = R 1Ohm ½ Watt

- C2 = Kondensator elektrolit 470/16v

- R2 = R 1k ohm ½ watt

Prinsip kerja dari rangkaian power supply sederhana diatas adalah

- Pertama tegangan listrik yang berasal dari jala-jala PLN dimasukkan ketransformator melalui S1 dan S2,Selanjutnya oleh transformator tegangan tersebut diturunkan menjadi 3v sampai dengan 12v AC bervariasi seperti pada gambar ,kemudian oleh S3 tegangan dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kemudian diumpankan pada penyearahan gelombang penuh yang dilakukan oleh empat buah dioda yang disusun menjadi sebuah kuprox,Output dari penyearahan ini tegangan sudah menjadi tegangan DC tetapi masih kasar ,untuk menghaluskannya dipakailah C1,R1,C2,dan R2 dan tegangan Dc dari power supply siap untuk digunakan.

One comment on “Power Supply

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s